Jumat, 14 Januari 2011

Asal Usul KOta Pati

Asal Usul KOta Pati -
Pati. Kota yang terletak di Propinsi Jawa Tengah ini menyimpan misteri yang agak sulit untuk diungkap seluruhnya. Pernah menjadi bagian dari Kerajaan Majapahit, membuat asal usul Kota Pati menjadi sedikit samar. Kabupaten yang namanya sama dengan ibukotanya ini termasuk dalam wilayah Pantura ( pantai utara ) dengan batas-batas kabupaten yang menjadi saksi sejarah munculnya kadipaten dan kerajaan di kemudian hari.
Sebelah utara ada Laut Jawa. Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora terletak di sebelah selatannya. Sebelah timur diisi oleh Kabupaten Rembang. Barat berbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Jepara.
Legenda rakyat telah membentuk sejarah Kota Pati. Dahulu, Pulau Jawa sempat mengalami kekosongan pemerintahan setelah runtuhnya Kerajaan Singosari. Kemudian, muncullah penguasa baru yang berasal dari wilayah Pantai Utara atau sekitar Gunung Muria sebelah timur yang mengangkat dirinya sendiri sebagai adipati yang menguasai sebuah kadipaten.
Saat itu terdapat dua penguasa, yaitu Adipati Yudhapati dari Kadipaten Paranggaruda yang wilayahnya meliputi Kabupaten Grobogan dan Puspa Andungjaya dari Kadipaten Carangsoka yang wilayahnya meliputi Pantai Utara hingga Kabupaten Rembang.
Kedua adipati itu berniat menikahkan putra putri mereka. Di tengah pesta pernikahan, Rara Rayungwulan, putri dari Puspa Andungjaya malah melarikan diri dengan dalang yang menghibur di sana. Terjadilah kekacauan dan peperangan.
Mereka yang berasal dari Paranggaruda mati dengan membela kehormatan. Patih Carangsoka, Raden Kembangjaya, yang berjasa kemudian dinikahkan dengan Rara Rayungwulan. Sementara, sang dalang malah dijadikan sebagai patihnya.   
Pemerintahan terus dilanjutkan di bawah kepemimpinan Kembangjaya. Setelah memperluas wilayah kekuasaan Kadipaten Pesantenan hingga ke selatan, ia wafat dan digantikan oleh anaknya, Raden Tambranegara yang kemudian memindahkan kadipaten ke barat dan mengganti namanya menjadi Kadipaten Pati.
Raja Jayanegara dari Majapahit setiap tahunnya meminta upeti berupa bunga pada Adipati Raden Tambranegara agar kekuasaan kadipaten tersebut mendapat status dari Kerajaan Majapahit. Kisah ini terdapat dalam Kitab Babad Pati.
Tempat Menarik di Pati
Ada beberapa scenic spot atau tempat teduh yang menjadi objek wisata terkenal di Pati. Seperti Waduk Gunung Rowo, yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda di Kecamatan Gembong, tepatnya di lereng Gunung Muria sebelah timur. Waduk lainnya yang tidak jauh dari Waduk Gunung Rowo adalah Waduk Seloromo.
Masih di sekitar lereng Gunung Muria, terdapat Air Terjun Santi dan dua air terjun lainnya. Selain itu, Kota Pati juga terkenal dengan wisata gua seperti Gua Pancur di Desa Jimbaran yang memiliki panjang belasan kilometer. Dan Gua Wareh yang ada di Pegunungan Kapur Utara yang merupakan sumber mata air yang tidak pernah habis.
SHARE TWEET
Terimakasih sudah membaca artikel Asal Usul KOta Pati dengan URL http://kzue.blogspot.com/2011/01/asal-usul-kota-pati.html. Sempatkan juga untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya.

2 komentar:

kholist | Balas
jadi kamgen sama pati, pengen cepet" pulang duech...:D

http://listkho.blogspot.com
admin | Balas
heem ageah pulang.
di tnggu ortu.
sbux lpo mz?

Tulis komentar anda untuk artikel Asal Usul KOta Pati di atas!

Silahkan tinggalkan komentar anda.
Baik Sanggahan saran pesan atau tautan sejenis.
Bagi anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki akun blog manapun silahkan pilih anonimous/anonim.thx