Jumat, 14 Januari 2011

Fakta tentang Indonesia

Fakta tentang Indonesia -
1. apa benar indoensia dijajah seluruhnya selama 350 tahun ?

kurang tepat, cuman maluku dan sebagian pulau saja yang dijajah selama 350 tahun. Kahin berpendapat, cuman 90 persen daerah di pulau jawa yang bisa dikuasai belanda dan hanya 50 persen yang bisa dikontrol belanda diluar pulau jawa. Penjajahan itupun tidak berlangsung seketika tetapi pelan pelan dari awal abad 17.
"Isu" bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun itu tidak dapat dipertanggung jawabkan. Jawa sendiri baru seluruhnya dikuasai sejak kesultanan Mataram dipecah-pecah menjadi beberapa kerajaan di bawah perjanjian Giyanti (1790?). Bali "dipasifkan" baru pada 1905. Aceh sendiri secara de facto tidak pernah berada di bawah kolonial Belanda. Perlawanan-perlawanan rakyat secara sporadis masih berlangsung sampai tahun 1942. Jadi sebenarnya Indonesia baru total dijajah Belanda sejak tahun 1906, yaitu selama hanya 46 tahun!

Sebenarnya, statement "Indonesia dijajah Belanda selama....." itu sendiri kurang tepat, karena menyiratkan eksisnya suatu entitas geopolitik bernama Indonesia sebelum kedatangan Belanda. Padahal, tapal batas Indonesia senrdiri didefinisikan sebagai seluruh wilayah Hindia Belanda, artinya: eksistensi Indonesia sebagai suatu state didefinisikan berdasarkan kolonialisme Belanda.
Ada dua pendapat mengenai apakah Indonesia dijajah secara keseluruhan. Pertama adalah pendapat Han Resink, yang juga pernah menulis buku soal ini tapi saya lupa judulnya, dan buku ini kerap menjadi rujukan para ahli sejarah. Inti dari pemikiran Han Resink adalah : Keradjaan Atjeh, Beberapa Penguasa Pura dan Keradjaan di Bali serta Keradjaan Lombok tidak takluk dengan Belanda sampai Belanda hengkang dari Indonesia tahun 1942. Sesungguhnya Vorstenlanden (Yogyakarta dan Solo) juga bukan merupakan jajahan Belanda, inilah kenapa sebabnya Sunan Pakubowono XII dan Mangkunegoro VII menolak bergabung dengan Republik dan menunggu keputusan dari Den Haag. Tapi aksi dua Radja ini keburu dihancurkan Pasukan Tan Malaka dan terjadilah Revolusi Sosial di Solo.

Nah, Pendapat yang kedua adalah pendapat dari Pramoedya Ananta Toer. Inti pemikiran Pram adalah : Bila kekuasaan di lautan sudah dikuasai Belanda, atau pihak di luar kerajaan Daratan maka Suatu wilayah tidak bisa dikatakan bebas merdeka. Dalam hukum Nusantara yang non lisan, kekuasaan Lautan adalah inti dari kedaulatan. Jadi bila Belanda menguasai Lautan Indonesia sejak kekalahan Tirtayasa sampai penaklukan Ternate maka 100% negara Indonesia dalam keadaan terjajah.
SHARE TWEET
Terimakasih sudah membaca artikel Fakta tentang Indonesia dengan URL http://kzue.blogspot.com/2011/01/fakta-tentang-indonesia.html. Sempatkan juga untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya.

0 komentar:

Tulis komentar anda untuk artikel Fakta tentang Indonesia di atas!

Silahkan tinggalkan komentar anda.
Baik Sanggahan saran pesan atau tautan sejenis.
Bagi anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki akun blog manapun silahkan pilih anonimous/anonim.thx